Tugas E-comerce
1. Jelaskan bagaimana
hubungan E-Commerce terhadap supply chain management!
Jawab :
E-commerce memang berhubungan dengan supply chain managament karena
E-commerce dengan segala kemudahannya membantu perusahaan dalam melakukan
perencanaan, mengorganisasikan, menjalankan, sera melakukan pengontrolan
terhadap rantai pasokan mereka. Dengan ini e-commerce bisa melakukan
penghematan baik waktu dan biaya yang akan dihabiskan dalam hal rantai pasokan,
selain itu peningkatan intensitas produksi perusahaan tentu harus didukung oleh
manajemen rantai pasokan yang baik pula. Pasokan yang akan di atur untuk masuk
dalam produksi harus bisa di atur dengan mudah, sehingga manajemen rantai
pasokan tersebut bisa diatur dengan mudah melalui direktori online yang
tentunya sangat membantu perusahaan untuk melakukan pengawasan dengan baik.
Supply chain management selalu mempunyai masalah mengenai waktu pemesanan
dengan waktu pengiriman dan waktu kedatangan barang yang telah dibutuhkan dalam
kegiatan operasionalnya. Hal ini bisa diatasi dengan sistem yang canggih dan
terintegrasi dengan otomatisasi database. Dengan hal ini sistem yang akan
bekerja secara otomatis untuk mengaturnya. Sehingga dengan E-commerce ini
tentunya dengan mudah melakukan berbagai hal mengenai supply chain management
yang tentunya dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan
baik dalam hal waktu maupun biaya yang dikeluarkan. Jadi, manfaat dari hubungan
antara E-Commerce dengan Supply Chain Management adalah meningkatnya hubungan
perusahaan dengan konsumen secara langsung, berkurangnya biaya pengiriman
produk, serta meningkatkan efektivitas perusahaan dalam memproduksi.
2. Jelaskan bagaimana
E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja, karyawan dan
memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan!
Jawab :
Mengurangi siklus
waktu
Dengan e-commerce pada supply chain management mampu meningkatkan tingkat
efisiensi dan efektivitas perusahaan baik dalam waktu maupun biaya yang
dikeluarkan. Dengan hal ini terlihat bahwa dengan e-commerce dapat mengurangi
siklus waktu.
Meningkatkan kinerja
karyawan
Perusahaan sudah menggunakan e-commerce untuk melakukan koordinasi alur
kinerja melalui direktori online. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat
dari pemberian tugas dengan lebih terstruktur dan kemudahan akses bagi karyawan
mengenai apa yang harus mereka lakukan besok di pagi hari di kantor mereka.
Sehingga karyawan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya secara dini
untuk pekerjaan yang ttelah menanti esok hari. Sehingga perusahaan dapat
meningkatkan kinerja karyawan melalui e-commerce.
Memberikan dukungan
terhadap fasilitasi pelanggan
Dengan e-commerce informasi yang diberikan kepada pelanggan dapat
diberikan secara lengkap dan jelas. Memudahkan pelanggan dalam melakukan
transaksi pembayaran bahkan dalam membandingkan harga, merek, maupun
spesifikasi barang atau jasa yang akan dibeli. Proses yang dilakukan cepat,
nyaman, dan mudah, oleh karena itu EC sangat memberikan dukungan dalam
memberikan fasilitas dan layanan bagi pelanggan. EC dapat merubah bentuk
pelayanan yang semula harus datang langsung ke suatu instansi yang dituju
ataupun melalui via telepon, tapi sekarang menjadi pelayanan yang on-line
disetiap waktu dimanapun berada sehingga dapat memudahkan dalam menangani
segala transaksi. Tampilan media ecommerce menjadikan pelanggan dapat leluasa
melihat segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam memasarkan
produknya.
3. Bandingkan antara
“marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!
Jawab :
a) Marketplaces
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Marketplaces adalah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).
Kelebihan :
- Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
- Konsumen dapat berkomunikasi langsung dengan penjual, sehingga kecil kemungkinan terjadi perbedaan persepsi antara penjual dan pembeli.
- Dapat membangun image positif perusahaan karena dapat secara langsung menunjukkan kepada konsumen mengenai proses pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan.
- Kepercayaan bisa dengan mudah diperoleh, rasa aman karena bisa langsung bertemu penjual/ pembeli.
- Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
- Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
Keterbatasan :
- Proses lama, memerlukan biaya yang tidak sedikit dan tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu.
- Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.
b) Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.
Kelebihan :
- Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.
- Perusahaan dapat memperluas jaringan pemasaran produk maupun jaringan kerjasama dengan pihak-pihak luar.
- Konsumen dapat bertanya secara cepat dan langsung dan online kepada produsen tentang produk-produk yang ditawarkan
- transaksi dapat lebih cepat dan mudah dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet, adanya fleksibilitas, tersedianya informasi yang lengkap.
Keterbatasan :
- sistem keamanan internet yang belum memadai sehingga kepercayaan dari para konsumen terhadap transaksi lewat internet sangat lemah.
- Adanya risiko yang besar akan terjadinya tindak kejahatan penipuan dan pembajakan serta adanya keterbatasan jaringan internet di wilayah terpencil.
- Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
- Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
- Ancaman dari pihak-pihak banyak.
Komentar
Posting Komentar