Jumat, 27 September 2013

macam-macam media penyimpanan

NAMA            : ERMELINDA M.H AMFOTIS
NIM                 : 11110067
KELAS             : A
TUGAS            : SISTEM BERKAS
Ada beberapa media penyimpanan pada komputer, antara lain:
  1. Floppy
  2. CD/DVD
  3. Hardisk
  4. USB Flash Drive
  5. Memory Card
Yuk kita lebih mengenal media-media penyimpanan pada komputer yang tersebut diatas, sehingga kita mengetahui tiap jenisnya maka kita pun bisa menggunakan dan memperlakukannya dengan baik.
Floppy
Floppy yang biasa disebut disket ini adalah media penyimpanan yang terbuat dari piringan tipis dan ditutup dengan plastic yang berbentuk segi empat. Saat ini floppy atau disket ini sudah jarang digunakan. Keterbatasan dalam penyimpanan kapasitas data membuat media penyimpanan ini tergeser oleh media penyimpanan lainnya seperti hardisk eksternal, usb flashdisk, dan memory card yang dapat lebih banyak menyimpan data, dan cukup kuat tidak rentan rusak. Namun, meskipun keberadaannya sudah jarang digunakan, floppy ini masih diandalkan untuk menyimpan data kapasitas kecil dan sekali pakai.
floppy
CD/DVD
Piringan portable yang bentuknya pipih dan bundar ini pertama kali ditemukan pada tahun 1984. CD ini dapat menyimpan sebuah data digital audio sepanjang 74 menit audio dan video atau data komputer sebesar 650 MB. Sedangkan DVD kapasitasnya bisa lebih besar dari CD yang bisa menyimpan data sampai 2.3 GB atau 4.7 GB.
cd-dvd
Hardisk
Hardisk adalah komponen perangkat keras komputer yang berbentuk piringan magnetis dan berfungsi untuk menyimpan data sekunder. Hardisk ini menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya. Alat ini dihubungkan plej konektor perangkat media penyimpanan internal. Ada beberapa konektor media internalnya yaitu ATA dan SATA.
ATA (Advanced Technology Attachement) merupakan konektor standart untuk media penyimpanan internal. ATA ini juga biasa disebut PATA yaitu Parallel ATA. Sedangkan SATA adalah Serial ATA,  terbagi menjadi dua tipe berdasarkan kecepatan transfer datanya, yaitu SATA 1.5 Gbit/s dan SATA 3.0 Gbit/s. Apabila SATA ini dibandingkan dengan Paralel ATA, maka SATA memiliki kecepatan transfer yang lebih besar, ukuran konektor yang lebih minim, serta kemampan hardware untuk dipasang dan dilepas pada saat bekerja (Hot Swap).
hard disk
USB Flash Drive
Media penyimpanan ini lebih sering disebut dengan Flash Disk, yaitu alat penyimpanan daya memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash disk merupakan media penyimpanan yang portable, karena bisa dibawa keman-mana. Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda cukup mencolokkan saja Flash disk pada port USB komputer jika ingin melakukan pemindahan data. Media penyimpanan ini yang menggeser keberadaan floppy atau disket, Karena memiliki kelebihan yaitu ukurannya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulusi dengan mudah.
usb flash driver
Memory Card

Media penyimpanan ini juga merupakan media penyimpanan yang terbilang memiliki kelebihan yang sama seperti Flash disk. Ukurannya yang kecil dan sangat ringan sehingga mudah dibawa kemana-kemana. Hanya menggunakan memory card ini kita harus memiliki card reader, sebagai alat bantu baca data yang disambungkan ke komputer dengan bentuknya yang kecil dan ringan juga. Media ini biasanya digunakan untuk menyimpan daya digital gambar, suara, video, dan sebagainya. Tipe kartu memoru juga banyak macamnya. Saat ini sudah terdapat sekitar empat puluhan jenis kartu, diantaranya: PC Card, CompactFlash, Memory Stick, MMC (Multi Media Card), SD Card, Mini SD, dan sebagainya.
memory card

Baca juga artikel terkait ini

  • Kenapa Hardisk Perlu di Clean Up?
    Pernahkah anda sadari bahwa dalam computer anda ternyata banyak sekali file-file yang tidak berguna atau sampai yang ternyata memperlambat proses kerja computer? File-file sampah yang tidak berguna ya...
  • Hard Disk Juga Perlu Perawatan
    Saat ini semakin banyak media penyimpan data yang tersedia dipasaran. Jika beberapa tahun yang lalu media yang digunakan hanya floppy  disk dan kepingan cd, maka sekarang telah muncul yang namanya fla...
  • Flashdisk ber-GPS
    Keamanan dalam penyimpanan data memang sangat penting, apalagi data yang berhubungan dengan pekerjaan atau sesuatu yang sangat pribadi menurut kita. Apalagi bagi seseorang yang mempunyai mobilitas yan...
  • Mengenal Post On Self-Test
    Ternyata tidak hanya tubuh saja yang bisa dideteksi jika sedang sakit. Ternyata komputerpun juga dapat dideteksi jika sedang bermasalah. Computer akan melakukan pengecekan fungsi-fungsi komponennya se...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar