Tugas 3 E-comerce Model Bisnis E-comerce
Penggunaan internet
di masa kini sudah mengalami perkembangan dan pemberian manfaat yang signifikan
pada bidang bisnis. Hal ini terutama dirasakan oleh perusahaan skala besar
karena implementasinya mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas
perusahaan terutama bagi kelancaran proses-proses bisnis. Salah satu jenis
implementasi teknologi, yang sering digunakan untuk meningkatkan persaingan
bisnis dan penjualan produk produk, adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce).
Anonim dalam
artikelnya E-Commerce di Indonesia: Tahun 2011 Baru Permulaan
Chairman Sharing Vision mengutip pernyataan Dimitri Mahayana menyatakan bahwa perdagangan melalui
internet di Indonesia pada 2009 telah mencapai 3,4 juta dolar atau setara
dengan Rp 35 triliun. Jumlah ini tentu sebuah angka fantastis yang menunjukkan
potensi besar dari sistem e-commerce di
Indonesia. Hal ini mendorong Telkomsel untuk mengeluarkan
layanan Gapura Shop sebagai forum jual beli online.
Michael Rappa dalam
Danang (2011) menyatakan bahwa model bisnis e-commerce terdiri atas:
1. Brokerage
Lukmana (2011)
menyatakan brokerage adalah model bisnis yang menghubungkan antara penjual dan
pembeli. Contoh: Kutubuku.com. Saat ini, Gapura Shop belum melakukan
kegiatan sebagai broker/penghubung, karena saat ini masih berbentuk fórum jual
beli, yang memungkinkan para penjual untuk memasang iklan sebagai upaya
melakukan penjualan
2. Advertising
Model ini merupakan
perpanjangan dari model siaran media tradisional. Dalam kasus ini, situs web,
menyediakan konten (biasanya gratis) dan jasa (seperti email, IM, blog) yang
berisi pesan-pesan iklan dalam bentuk iklan banner. Iklan banner dapat menjadi sumber utama atau satu-satunya pendapatan. Model iklan
dikatakan berhasil /baik ketika volume lalu lintas penampil besar atau sangat
spesifik, contoh: kaskus.us.
Gapura Shop
menggunakan jenis model bisnis ini, karena penjual dapat memasang iklan atas
produknya. Adapun revenue yang diperoleh adalah dari MMS untuk upload foto,
biaya pasang iklan dan SMS notifikasi.
3. Infomediary
Data tentang
konsumen dan kebiasaan konsumsi mereka sangat berharga, terutama ketika
informasi digunakan untuk menargetkan kampanye pemasaran. Data yang dikumpulkan
secara independen yaitu tentang produsen dan produk. Berguna untuk konsumen
ketika mempertimbangkan pembelian. Beberapa perusahaan berfungsi sebagai infomediaries (perantara informasi) membantu pembeli dan/atau penjual memahami pasar
tertentu. Saat ini, sebagai fórum jual Gapura shop belum menggunakan model
bisnis infomediary.
4. Merchant
Grosir dan pengecer
barang dan jasa. Penjualan dapat dibuat berdasarkan daftar harga atau melalui
lelang, contoh: bukukita.com, bhineka.com, gramediaonline.com. Gapura Shop
merupakan fórum jual beli sehingga tidak melakukan penjualan secara langsung
kepada pelanggan.
5. Manufacture (direct)
Perusahaan brick dan
mortar yang telah memiliki bisnis sendiri membuat web penjual dengan tujuan:
1.
Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses
langsung ke pemakai.
2.
Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelanggan
secrara langsung.
Adapun beberapa
contoh bisnis yang menggunakan model ini, yaitu: dapurcoklat.com,
gramediaonline.com. Gapura Shop saat ini belum melakukan kegiatan memproduksi
dan menjual produk secara langsung karena masih fokus untuk memberikan layanan
nilai tambah kepada penjual yang merupakan pelanggan Telkomsel untuk menjual
roduknya melalui fórum jual beli.
6. Affiliate
Berbeda dengan
portal umum, yang berusaha untuk mendorong volume lalu lintas ke satu
situs. Model afiliasi, memberikan kesempatan pembelian kepada semua orang
yang mungkin mengakses. Hal ini dilakukan dengan menawarkan insentif keuangan
(dalam bentuk persentase dari pendapatan) untuk situs mitra afiliasi.
Gapura Shop saat ini nampaknya belum melakukan Affiliate
dengan perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar negeri.
7. Community
Kelangsungan hidup
model community didasarkan pada loyalitas pengguna. Pendapatan dapat didasarkan pada
penjualan produk tambahan dan jasa atau kontribusi sukarela; atau pendapatan
yang bisa dikaitkan dengan iklan kontekstual dan langganan untuk layanan
premium, contoh: kaskus.us, Indowebster.web.id. Gapura Shop tidak
memiliki komunitas dalam pelaksanaan bisnisnya, karena murni hanya sebagai
forum jual beli saja.
8. Subcription
Pengguna secara
periodik dikenakan biaya berlangganan terhadap layanan : harian, bulanan atau
tahunan. Sehingga hal ini tidak biasa untuk menggabungkan konten gratis dengan
konten premium (yaitu : pelanggan atau hanya anggota), co: info ADN. Gapura
Shop belum menerapkan model subcription saat ini.
9. Utility
Layanan didasarkan
pada tingkat penggunaan yang sebenarnya. Misalnya digunakan untuk layanan :
air, listrik, layanan telpon jarak jauh. Penyedia layanan Internet (ISP) di
beberapa bagian dunia beroperasi sebagai utilitas, pembayaran pelanggan untuk
menit koneksi, contoh Internet Service Provider. Gapura Shop tidak menggunakan
model bisnis ini.
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, Muhammad Syarif. 2011. E Commerce: Forum Jual Beli (FJB)
Kaskus.http://chalief.blogspot.com/2011/01/e-commerce-forum-jual-beli-fjb-kaskus.html#axzz1UaF0kIGh.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Danang. 2011. Jenis Model Usaha E-Commerce.http://dan2nk.wordpress.com/2010/04/22/jenis-model-usaha-e-commerce/#comment-10.
(diakses pada 11 Agustus 2011)
Dasril. 2010. Pengertian E-Commerce. http://dasril.wordpress.com/. (diakses
pada 10 Agustus 2011)
Fuady. 2011. E-Commerce dan Peluang Implementasi di Indonesia.http://imultidimensi.wordpress.com/2011/06/10/e-commerce-dan-peluang-di-indonesia/#comment-138.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Irawan, Parahita. 2011. Porter’s Five Forces, Tool Analisis
Kualitatif Saham yang Ampuh.http://parahita.wordpress.com/2011/06/08/porter%e2%80%99s-five-forces-tools-analisis-kualitatif-saham-yang-ampuh/#comment-1046.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Lestari, Tika. 2011. Penerapan E-Commerce Pada PT Telkom Indonesia.http://blogs.unpad.ac.id/tikalestari/2011/05/05/penerapan-ecommerce-pada-pt-telkom-indonesia/#comment-7.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Lukmana, Teddy. 2011. Model Bisnis Umum di E-Commerce.http://tedilukmana.wordpress.com/2011/05/07/model-bisnis-umum-di-e-commerce/#comment-148.
(diakses pada 11 Agustus 2011)
Subhan, Aan. 2009. Analisa Five Forces Porter yang Powerful.http://aansubhan.wordpress.com/2009/07/23/analisa-five-forces-porter-yang-powerful/.
(diakses pada 11 Agustus 2011)
Wibawa, Hari. 2011. Perkembangan, Manfaat dan Kelemahan
E-Commerce.http://mhs.blog.ui.ac.id/hari.wibawa/2010/10/28/perkembangan-manfaat-dan-kelemahan-e-commerce/.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Yanhasiholan. 2011. Kegiatan Bisnis Indonesia di Kaskus-Forum Jual Beli.http://yanhasiholan.wordpress.com/2011/01/05/kegiatan-bisnis-indonesia-di-kaskus-forum-jual-beli/#comment-9.
(diakses pada 10 Agustus 2011)
Komentar
Posting Komentar