Jumat, 03 Mei 2013

Tugas 3 E-comerce Model Bisnis E-comerce

Penggunaan internet di masa kini sudah mengalami perkembangan dan pemberian manfaat yang signifikan pada bidang bisnis. Hal ini terutama dirasakan oleh perusahaan skala besar karena implementasinya  mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan terutama bagi kelancaran proses-proses bisnis. Salah satu jenis implementasi teknologi, yang sering digunakan untuk meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk produk, adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce).
Anonim dalam artikelnya E-Commerce di Indonesia: Tahun 2011 Baru Permulaan Chairman Sharing Vision mengutip pernyataan Dimitri Mahayana menyatakan bahwa perdagangan melalui internet di Indonesia pada 2009 telah mencapai 3,4 juta dolar atau setara dengan Rp 35 triliun. Jumlah ini tentu sebuah angka fantastis yang menunjukkan potensi besar dari sistem e-commerce di Indonesia.  Hal ini mendorong Telkomsel untuk mengeluarkan layanan Gapura Shop sebagai forum jual beli online.
Michael Rappa dalam Danang (2011) menyatakan bahwa model bisnis e-commerce terdiri atas:
1.    Brokerage
Lukmana (2011) menyatakan brokerage adalah model bisnis yang menghubungkan antara penjual dan pembeli.  Contoh: Kutubuku.com. Saat ini, Gapura Shop belum melakukan kegiatan sebagai broker/penghubung, karena saat ini masih berbentuk fórum jual beli, yang memungkinkan para penjual untuk memasang iklan sebagai upaya melakukan penjualan

2.    Advertising
Model ini merupakan perpanjangan dari model siaran media tradisional. Dalam kasus ini, situs web, menyediakan konten (biasanya gratis) dan jasa (seperti email, IM, blog) yang berisi pesan-pesan iklan dalam bentuk iklan banner. Iklan banner dapat menjadi sumber utama atau satu-satunya pendapatan. Model iklan dikatakan berhasil /baik ketika volume lalu lintas penampil besar atau sangat spesifik, contoh: kaskus.us.
Gapura Shop menggunakan jenis model bisnis ini, karena penjual dapat memasang iklan atas produknya. Adapun revenue yang diperoleh adalah dari MMS untuk upload foto, biaya pasang iklan dan SMS notifikasi.

3.    Infomediary
Data tentang konsumen dan kebiasaan konsumsi mereka sangat berharga, terutama ketika informasi digunakan untuk menargetkan kampanye pemasaran. Data yang dikumpulkan secara independen yaitu tentang produsen dan produk. Berguna untuk konsumen ketika mempertimbangkan pembelian. Beberapa perusahaan berfungsi sebagai infomediaries (perantara informasi) membantu pembeli dan/atau penjual memahami pasar tertentu. Saat ini, sebagai fórum jual Gapura shop belum menggunakan model bisnis infomediary.

4.    Merchant
Grosir dan pengecer barang dan jasa. Penjualan dapat dibuat berdasarkan daftar harga atau melalui lelang, contoh: bukukita.com, bhineka.com, gramediaonline.com. Gapura Shop merupakan fórum jual beli sehingga tidak melakukan penjualan secara langsung kepada pelanggan.

5.    Manufacture (direct)
Perusahaan brick dan mortar yang telah memiliki bisnis sendiri membuat web penjual dengan tujuan:
1.     Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.
2.     Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelanggan secrara langsung.
Adapun beberapa contoh bisnis yang menggunakan model ini, yaitu: dapurcoklat.com,  gramediaonline.com. Gapura Shop saat ini belum melakukan kegiatan memproduksi dan menjual produk secara langsung karena masih fokus untuk memberikan layanan nilai tambah kepada penjual yang merupakan pelanggan Telkomsel untuk menjual roduknya melalui fórum jual beli.

6.    Affiliate
Berbeda dengan portal umum, yang berusaha untuk mendorong volume lalu lintas ke satu situs.  Model afiliasi, memberikan kesempatan pembelian kepada semua orang yang mungkin mengakses. Hal ini dilakukan dengan menawarkan insentif keuangan (dalam bentuk persentase dari pendapatan) untuk situs mitra afiliasi.  Gapura Shop saat ini  nampaknya belum  melakukan Affiliate dengan perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar negeri.

7.    Community
Kelangsungan hidup model community didasarkan pada loyalitas pengguna. Pendapatan dapat didasarkan pada penjualan produk tambahan dan jasa atau kontribusi sukarela; atau pendapatan yang bisa dikaitkan dengan iklan kontekstual dan langganan untuk layanan premium, contoh: kaskus.us,  Indowebster.web.id. Gapura Shop tidak memiliki komunitas dalam pelaksanaan bisnisnya, karena murni hanya sebagai forum jual beli saja.

8.    Subcription
Pengguna secara periodik dikenakan biaya berlangganan terhadap layanan : harian, bulanan atau tahunan. Sehingga hal ini tidak biasa untuk menggabungkan konten gratis dengan konten premium (yaitu : pelanggan atau hanya anggota), co: info ADN. Gapura Shop belum menerapkan model subcription saat ini.

9.    Utility
Layanan didasarkan pada tingkat penggunaan yang sebenarnya. Misalnya digunakan untuk layanan : air, listrik, layanan telpon jarak jauh. Penyedia layanan Internet (ISP) di beberapa bagian dunia beroperasi sebagai utilitas, pembayaran pelanggan untuk menit koneksi, contoh Internet Service Provider. Gapura Shop tidak menggunakan model bisnis ini.
DAFTAR PUSTAKA


Abdillah, Muhammad Syarif. 2011. E Commerce: Forum Jual Beli (FJB) Kaskus.http://chalief.blogspot.com/2011/01/e-commerce-forum-jual-beli-fjb-kaskus.html#axzz1UaF0kIGh. (diakses pada 10 Agustus 2011)

Danang. 2011. Jenis Model Usaha E-Commerce.http://dan2nk.wordpress.com/2010/04/22/jenis-model-usaha-e-commerce/#comment-10. (diakses pada 11 Agustus 2011)

Dasril. 2010. Pengertian E-Commerce. http://dasril.wordpress.com/. (diakses pada 10 Agustus 2011)

Fuady. 2011. E-Commerce dan Peluang Implementasi di Indonesia.http://imultidimensi.wordpress.com/2011/06/10/e-commerce-dan-peluang-di-indonesia/#comment-138. (diakses pada 10 Agustus 2011)

Irawan, Parahita. 2011. Porter’s Five Forces, Tool Analisis Kualitatif Saham yang Ampuh.http://parahita.wordpress.com/2011/06/08/porter%e2%80%99s-five-forces-tools-analisis-kualitatif-saham-yang-ampuh/#comment-1046. (diakses pada 10 Agustus 2011)
Lestari, Tika. 2011. Penerapan E-Commerce Pada PT Telkom Indonesia.http://blogs.unpad.ac.id/tikalestari/2011/05/05/penerapan-ecommerce-pada-pt-telkom-indonesia/#comment-7. (diakses pada 10 Agustus 2011)

Lukmana, Teddy. 2011. Model Bisnis Umum di E-Commerce.http://tedilukmana.wordpress.com/2011/05/07/model-bisnis-umum-di-e-commerce/#comment-148. (diakses pada 11 Agustus 2011)

Subhan, Aan. 2009. Analisa Five Forces Porter yang Powerful.http://aansubhan.wordpress.com/2009/07/23/analisa-five-forces-porter-yang-powerful/. (diakses pada 11 Agustus 2011)

Wibawa, Hari. 2011. Perkembangan, Manfaat dan Kelemahan E-Commerce.http://mhs.blog.ui.ac.id/hari.wibawa/2010/10/28/perkembangan-manfaat-dan-kelemahan-e-commerce/. (diakses pada 10 Agustus 2011)

Yanhasiholan. 2011. Kegiatan Bisnis Indonesia di Kaskus-Forum Jual Beli.http://yanhasiholan.wordpress.com/2011/01/05/kegiatan-bisnis-indonesia-di-kaskus-forum-jual-beli/#comment-9. (diakses pada 10 Agustus 2011)


1 komentar:

  1. nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
    mudah dan terjangkau..
    chek this out => www.kiostiket.com

    BalasHapus